CDMA EvDO REV-A


Saat ini mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan layanaan komunikasi selular 3G ataupun 3,5G atau lebih kerennya disebut HSDPA. Namun semua layanan tersebut berbasiskan teknologi GSM, yang diusung oleh beberapa operator besar dan kawakan di tanah air. Kesemuanya menawarkan paket data internet akses dengan kecepatan tinggi.
Bagaimana dengan jalur CDMA ? Ternyata jalur CDMA tak kalah pesat perkembangannya dibandingkan jalur GSM, terbukti kini jalur CDMA telah mengusung teknologi 3G dan 3,5G-nya melalui jalur EvDO.

EvDO adalah istilah dalam koneksi internet CDMA yang berarti Evolution Data Only.
EvDO sendiri ada dua versi yaitu EvDO Rev 0 dan EvDO Rev A (Revisi 0 dan revisi A)
Dalam EvDO Rev 0 kecepatan maksimal yang dihasilkan adalah 2,4Mbps, sedangkan kecepatan maksimal untuk EvDO Rev A adalah 3,2 Mbps.
Teknologi CDMA sendiri berkembang dari versinya yang pertama yaitu CDMA 2000 yang mempunyai kecepatan 153Kbps (sedikit lebih unggul dari GPRS yang hanya berkecepatan maximum 115Kbps).

Lalu apa keuntungan dari EvDO Rev 0 dan Rev A ini, sedangkan HSDPA sendiri saat ini sudah menawarkan kecepatan hingga 7,2Mbps?
Sekali lagi kita lihat istilah EvDO yitu Evolution Data Only, yang berarti bahwa jalur EvDO khusus hanya dipakai untuk saluran komunikasi data, tidak bercampur dengan voice. Kita bandingkan dengan jalur GSM HSDPA yang komunikasi data internetnya masih menjadi satu dengan traffic voice atau percakapan suara, jadi pada saat-saat tertentu jika traffic voice tinggi maka bandwidth dari HSDPA akan dikalahkan untuk jalur percakapan telepon, sehingga kecepatan koneksi internet akan turun drastis bahkan kemungkinan akan disconnected. (bagaimana dengan para pengguna IM2 dan layanan HSDPA lainnya?)
Sedangkan dalam EvDO Rev, jalur yang digunakan benar-benar murni dipakai hanya untuk jalur internet, jadi tidk menjadi masalah apakah percakapan voice sedang dalam traffic puncak atau biasa saja, karena jalur yang digunakan benar-benar lain dengan jalur biasa (salah satu keunggulan CDMA internet akses).
Di negara-negara maju seperti Jepang dan Amerika, jalur EvDO Rev A ini sudah lama populer sebagai akses internet kecepatan tinggi. Sedangkan di Indonesia sendiri layanan EvDO Rev A masih sangat tergantung pada banyaknya dan jarak dari BTS itu sendiri, namun salah satu keistimewaannya adalah apabila sinyal EvDO menghilang secara mendadak maka sistem akan segera secara otomatis memindahkan saluran ke CDMA2000 sehingga komunikasi data tidak akan terputus, namun tentu saja kecepatannya juga akan beralih ke 153Kbps

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s