Foto-foto Hantu Klasik Terkenal Yang Tak Terpecahkan


Ada banyak foto-foto hantu yang kita pernah lihat. Dilain pertanyaan apakah memang benar hantu bisa tertangkap kamera?. Sungguh tak mudah menjawabnya sesulit membuktikan keberadaan hantu itu sendiri yang masih silang sengketa hingga kini.

Tentunya banyak foto-foto hantu yang beredar dan sebagian besar adalah ‘hoax’ belaka, namun foto-foto terkenal berikut diambil puluhan tahun sebelum munculnya kamera digital dan photoshop yang menyebabkan sulit untuk serta merta menyatakan bahwa ini adalah manipulasi foto semata!

1. Queensland Foto, 1946

Diambil pada tahun 1946 di Queensland, Australia oleh seorang ibu yang sedang mengambil gambar anak perempuannya yang remaja makam. Tidak ada yang terlihat pada saat itu, tetapi ketika gambar sedang diproses gambar seorang anak muncul, tampaknya duduk di kuburan. Si ibu tidak mengenali anak, sehingga mengurangi (meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan) kemungkinan bahwa itu adalah hasil cetak dari negatif film ganda.

2. HMS Daedalus Photo, 1919

Foto klasik lain dan salah satu yang lebih baik hasilnya, foto ini diambil tahun 1919, yang diambil oleh pensiunan perwira RAF Sir Victor Goddard, menunjukkan skuadronnya dari kapal Angkatan Laut Kerajaan HMS Daedalus. Perhatikan wajah transparan mengintip di sekitar laki-laki di sudut kiri atas foto.

Beberapa orang dari skuadron ini mengidentifikasi wajah sebagai milik montir Freddy Jackson, yang telah terbunuh dua hari sebelumnya ketika ia tanpa sengaja masuk ke baling-baling kapal yang berputar. Jenazahnya telah diangkat sebelumnya pada hari itu. Rupanya, Freddy tidak ingin kehilangan semua momen bersama rekan lainnya.

3. The Corroboree Rock Spirit, 1959

Diambil oleh RS Pendeta Corroboree Rock Blance di dekat Alice Springs, Australia pada tahun 1959, foto terkenal ini telah ada selama bertahun-tahun dan menentang penjelasan hingga hari ini. Tidak akan sulit untuk merekayasa foto ini dengan perangkat lunak manipulasi foto modern (yaitu Photoshop) tetapi pasti hampir mustahil dilakukan pada tahun 1959.

4. The Chinnery Photo, 1959

Ketika mengunjungi makam ibunya pada tahun 1959, Mrs Mabel Chinnery memutuskan untuk menghabiskan sisa film dengan mengambil gambar suaminya yang duduk di dalam mobil. Ketika film di cuci mereka terperanjat melihat sosok yang muncul di kursi belakang mobil. Mrs Chinnery dan beberapa anggota keluarga menegaskan bahwa sosok wanita adalah bahwa ibunya.

Seorang ahli memeriksa foto cetak dan menyatakan hal itu terjadi bukan refleksi atau eksposur ganda. Perhatikan bahwa sang “ibu” tampaknya menjadi hantu yang cukup padat, tanpa transparansi atau cahaya dari jendela belakang yang bersinar melalui dirinya. Bahkan nampak kacamatanya memantulkan cahaya!

5. Bachelor’s Grove Cemetery, 1991

Ini adalah salah satu dari foto yang tampaknya terlalu bagus dan jelas untuk sebuah foto hantu. Foto ini ini sebenarnya memiliki silsilah yang cukup dapat dipercaya karena ditembak oleh seorang profesional penyelidik paranormal (foto ini juga diambil di siang bolong, sebagai lawan pengambilan foto hantu yang hampir selalu di malam hari).

Gambar diambil di Bachelor’s Grove Cemetery di Illinois oleh Ghost Research Society pada 10 Agustus 1991. Fotografer Mari Huff telah menggunakan film monokromatik berkecepatan tinggi di daerah dimana peralatan mereka telah mendeteksi beberapa anomali elektromagnetik, dan menangkap gambar seorang wanita dengan kostum jaman pertengahan – lengkap sedang duduk di sebuah nisan. Perhatikan bahwa bagian-bagian kaki bawahnya tampak gradasi transparan. Apakah hantu benar-benar seharusnya terlihat seperti?
6. The Brown Lady of Raynham Hall, 1936

Mungkin yang paling terkenal dari semua foto hantu adalah foto yang sangat kontroversial ini. Pada tahun 1936 fotografer yang dikirim oleh majalah LIVE di London telah mengambil beberapa foto interior Raynham Hall di Norfolk, Inggris. Apa yang menarik tentang foto ini adalah sangat kontras dengan kebanyakan foto di mana gambar tidak terlihat sampai sesudah film dicetak. Sosok spektral seorang wanita menuruni tangga terlihat sedetik sebelum tobol kamera ditekan.

Negatif foto ini telah diperiksa oleh ratusan ahli yang tidak dapat menemukan bukti yang cukup untuk menyatakan bahwa ini adalah tipuan foto. Hingga kini foto ini masih dianggap oleh banyak ahli sebagai yang terbaik “menangkap” hantu yang pernah diambil.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s