Cara Instalasi Windows XP


Windows sebenarnya sudah mengeluarkan versi terbaru yaitu Windows Vista. Namun masih banyak orang yang tidak mau pindah ke Vista dengan berbagai alasan. Berikut adalah langkah-langkah untuk instalasi Windows XP, baik instalasi untuk komputer baru maupun instalasi ulang.

1. Atur agar komputer dapat Booting dari CD

2. masukkan CD instalasi Windows XP

3. Tunggu beberapa saat, hingga muncul tampilan ‘Welcome to Setup’, kemudian tekan Enter untuk memulai instalasi.

4. Berikutnya akan muncul ‘END-USER LICENSE AGREEMENT’, tekan F8 untuk menyetujui aturan lisensinya. Setelah itu akan muncul pengaturan partisi untuk menentukan pada partisi mana yang akan diinstal Windows.

6. (Jika belum ada partisi untuk Windows) Tekan C untuk membuat partisi baru

7. Masukkan ukuran partisi yang akan dibuat (Ukuran dalam MB). Atau cukup tekan Enter saja jika hanya ingin langsung membuat 1(satu) partisi saja.
Catatan : Sebaiknya jika ukuran harddisk cukup besar (misal 40 GB), buatlah lebih dari 1 partisi yang akan digunakan untuk menyimpan data-data anda.

8. (Jika sudah ada partisi yang akan digunakan untuk Windows) Pilih partisi yang akan digunakan untuk Windows, kemudian tekan Enter.

9. Berikutnya akan muncul pemilihan jenis format pada partisi yang akan digunakan. Pilih Format the partition using NTFS file system (quick)’. Kemudian tekan Enter.
Catatan : Jika partisi berukuran kurang dari 40 GB, akan muncul pilihan untuk jenis format FAT32. Namun jika lebih dari 40 GB, maka hanya akan muncul pilihan NTFS.  Selain itu jika anda menginstal ulang Windows, maka juga akan terdapat pilih untuk membiarkan partisi yang lama tanpa diformat.
Setelah memilih jenis format partisi, partisi akan diformat dan file instalasi akan disalin ke harddisk. Tunggu beberapa saat hingga komputer restart dengan sendirinya.

10. Pada pemilihan ‘Regional and Language Setting’ dan pemilihan jenis keyboard, pilih Next.
Catatan : Secara default settingan untuk ‘Regional and Languange Setting’ menggunakan format English, sehingga nantinya nilai mata uang ada US$. Edit bagian ini jika ingin merubahnya dengan menggunakan Rupiah(Rp).

11. Masukkan Nama anda dan Organisasi anda. Kemudian klik Next.
Catatan : Nama Organisasi dapat berupa nama perusahaan, organisasi, ataupun nama yang bersifat pribadi.

12. Pada tampilan berikutnya, masukkan Product Key dari Microsoft Windows XP anda.
Catatan : Jangan gunakan Windows bajakan y,, :-p

13. Masukkan Nama Komputer dan masukkan pula password untuk user Administrator. klik Next untuk melanjutkan.
Catatan : User Administrator adalah user yang secara default sudah ada pada sistem Windows anda, atau anda dapat membiarkan isian ini kosong.

14. Pada pengaturan ‘Date and Time Settings’, pilih Time Zone menjadi GMT +07.00 Bangkok, Hanoi, Jakarta. Klik Next untuk melanjutkan.

15. Seteleh beberapa saat kemudian sampai pada pengaturan Network, untuk sementara biarkan pada pilihan ‘Typical Settings’. Klik Next untuk melanjutkan.

16. Pada Pengaturan Workgroup, juga biarkan isian WORKGROUP. Klik Next untuk melanjutkan.
Catatan : Setelah langkah ini tunggu beberapa saat hingga proses instalasi melakukan restart komputer.

17. Pada tampilan ‘Welcome to Microsoft Windows’ klik Next untuk melanjutkan.

18. Pada tampilan ‘Help Protect Your PC’, pilih ‘Not Right Now’. Klik Next untuk melanjutkan.
Catatan : Pengaturan ini dapat dilakukan setelah proses instalasi secara keseluruhan telah selesai melalui Properties My Computer.

19. Pada tampilan ‘Will this computer connect to the Internet directly, or through a network?’, pilih Skip untuk melanjutkan.
Catatan : Sebenarnya pengaturan ini untuk menentukan jenis koneksi Internet yang anda punya. Jika anda menggunakan modem, maka jawablah No. Sedangkan jika komputer anda terhubung di dalam jaringan yang terdiri dari beberapa komputer, maka jawablah Yes.

20. Pada tampilan ‘Ready to register with Microsoft?’, klik Next untuk melanjutkan.
Catatan : Langkah ini bersifat optional hanya jika kita ingin mendaftarkan diri anda ke Microsoft.

21. Pada tampilan ‘Who will use this computer?’ isikan dengan nama-nama user yang akan menggunakan komputer Windows anda. Setelah itu klik Next untuk melanjutkan.

22. klik Finish.
Catatan : Setelah ini anda akan dihadapkan dengan pilihan user untuk login jika pada langkah 20 anda memasukkan lebih dari 1 user. Sedangkan jika hanya 1 user saja yang dimasukkan, maka akan langsung login ke Windows dengan user tersebut.

Selamat Mencoba!

  • Keseluruhan proses instalasi menggunakan bantuan software VirtualBox. :-)

1 Comment

  1. makasih infonya bos, say aingin belajar install komputer🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s