ANCAMAN TERBESAR PLANET BUMI


1. MENCAIRNYA ES DI KUTUB UTARA DAN SELATAN

Pemanasan global berdampak langsung pada terus mencairnya es di daerah kutub utara dan kutub selatan. Es di greendland yang telah encair hamper mencapai 19 juta to Dan volume es di Artik pada musim panas 2007 bhanya tinggal setengah dari yang ada 4 tahun sebelumnya.

Mencairnya es saat ini berjalan lebih cepat dari tahu tahun sebelumnya.Beberapa prediksi awal yang pernah dibuat sebelumnya memperkirakan bahwa seluruh es di kutub akan lenyap pada tahun 2040 sampai 2100. Tetapi data es tahunan yag tercatat hingga tahun 2007 membuat mereka berpikir ulang mengenai model prediksi yang ada.

Para iluan mengakui bahwa ada factor factor kunci yang tidak mereka ikutkan dalam model prediksi yang ada.Dengan menggunakan data es terbaru, serta nodel prediksi yan lebih akurat, HAMPIR SEMUA ES DI KUTUB UTARA AKAN LENYAP PADA AKHIR MUSIM PANAS 2012

 

 

Baru baru ini sebuah fenomena alam kembali menunjukan betapa seriusnya kondisi ala mini. Pada tanggal 6 maret 2008, sebuah bongkahan es seluas 414 kilometer persegi(hamper 1,5 kali luas kota Surabaya) di Antartika runtuh.

Menurut peneliti bongkahan es berbentuk lempengan yang sangat besar itu mengambang permanent di sekitar 1609 kilometer selatan Amerika selatan, barat daya Semenanjung Antartika. Pdahal, diyakini bongkahan itu berada disana sejak 1500 tahun yang lalu.

Sekarang, setelah adanya perpecahan itu, bongkahan es yang tersisa tinggal 12950 kilometer persegi.Beberapa kejadian akhir akhir ini merupakan titik yang memicu dalam perubahan system. Perubahan di Antartika sangat kompleks dan lebih terisolasi dari seluruh bagian dunia.

Antartika di kutub selatan adalah daratan beau dengan wilayah pegunungan dan danau berselimut es yang dikelilingi lautan. Benua ini jauh lebih dingin daripada Artik, sehingga lapisan es disana sangat jarang meleleh, bahkan ada lapisan yang tidak pernah cair dalam sejarah. Temperatur rataratanya inus 49 derajat celcius. Dan pernah mencapai hamper 90 derajat celcius.

 

2. MENINGKATNYA LEVEL PERMUKAAN AIR LAUT.

Mencairnya es dikutub utara dan selatan berdampak langsung pada naiknya level permukaan air laut. Level permukaan laut akan naik hingga 7 meter dan hal itu cukup untuk menenggelamkan daerah pesisir pantai, dan dataran rendah dekat pantai, di seluruh dunia.

 

3. PERUBAHAN IKLIM /CUACA YANG SEMAKIN EKSTRIM

NASA menyatakan bahwa pemanasan globl berimbas pada semakin ekstrimnya perubahan cuaca dan iklim bumi. Pola curah hujan berubah ubah tanpa dapat di prediksi sehingga dapat menyebabkan banjir di suatu tempat. Tetapi kekeringan di tempat lain. Topan dan badai akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat.

Bila fenomena dalam negeri belum cukup bagi anda, Anda dapat juga mencermat berita mengenai bencana alam di suatu tempat. Seperti badai topan di Amerika serikat Dan jepang, curah hujan dan badai salju di China dll. Tidak ada stu pun benua di dunia ini yan tak akan luput dari perubahan iklim yang ekstrim ini.

 

4. GELOMBANG PANAS YANG SEMAKIN GANAS

Pemanasa global mengakibatkan gerlombang panas makin sering terjadi dan semakin kuat. Tahun 2007 adalah tahun dimana pemecah rekor baru untuk suhu yang di capai oleh gelombang panas yang biasas melanda Amerika serikat.

Yaitu mencapai 48 derajat celcius di daerah st George amerika serikat. Bahkan di daerah Death velly California pernah mencatat suhu 53 derajat celcius.

Seranagan gelombang panas kali ini bahkan memaksa pemerintah di beberapa Negara untuk mendeklarasikan status gawat darurat siaga 1. Serangan tahun itu memakan korba dan mematikan ikan air dan hewan hewan ternak. Pda tahun 2003 daerah eropa selatan juga pernah mendapat serangan gelombang panas yg mengakibatkan 35000 jiwa tewas dan korban terbanyak di perancis 14802 jiwa.

Perancis kurang siap dalam serangan gelombang panas itu. Korban jiwa lain di Inggris, Italia, Portugal,Spanyol dan Negara Negara eropa lainya.

 

5.HABISNYA GLETSER-SUMBER MATA AIR BERSIH DUNIA

Mencairnya gletser –gletser dunia mengancam ketersediaan air bersih, dan pada jangka waktu yang lama.Tidak kurang dari 8000 meter kubik jumlah gletser gletser di selurh dunia hilang.Para ilmuan menyadari bahwa cairnya gletser , cairnya es di 2 kutub bumi akibat meningkatnya temperature suhu bumi secara global. Dan di pastikan

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s